Home Terbaru Cuaca Saudi Sedang Panas Tinggi, Jamaah Haji Diimbau Pintar Kelola Waktu dan...

Cuaca Saudi Sedang Panas Tinggi, Jamaah Haji Diimbau Pintar Kelola Waktu dan juga Tubuh

Terbaru Video viral.idnpos.com Update May 26, 2022 6:48 am

loading…

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mewanti-wanti kepada jamaah haji Indonesia supaya mewaspadai cuaca Saudi yg sangat panas. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok

JAKARTA Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mewanti-wanti kepada jamaah haji Indonesia supaya mewaspadai cuaca Saudi yg sangat panas. Pada puncak haji pertengahan Juli mendatang, suhu diperkirakan mencapai 50 derajat celsius.

“Cuaca habis subuh 40 derajat Celsius, siang 44 sampai 46 derajat dan juga serta puncak nanti dapat sampai 50 derajat. Semoga ini cuma perkiraan, dan juga serta panas tidak setinggi itu. Tapi saya minta jamaah dan juga serta petugas mengantisipasi dengan sering menyemprot muka dengan air,” pinta Menag Yaqut Setelah memberi pembekalan tim Media Center Haji (MCH) 2022 di Kantor Kementerian Agama, Hari Rabu (25/5/2022).

Baca Juga :  Rusia akan Meningkatkan Serangannya Jelang Pertemuan Pemimpin Eropa Pekan Ini, Presiden Zelensky: Kami Siap

Baca serta: Menag Ingatkan Jamaah Haji Bawa Semprotan Muka

Menag Yaqut mengatakan, langkah menyemprot air di muka tersebut merupakan bagian ikhtiar supaya kondisi tubuh tetap terjaga. Hal ini penting sebab, ritual ibadah haji sangat banyak menggunakan tenaga atau fisik, sehingga butuh performa jasmani yg memadai.

Baca serta: Cuaca Panas Dekati 50 Derajat Celcius saat Puncak Haji, Calhaj Diminta Perhatikan Kesehatan

Baca Juga :  Dewan Pers apresiasi pejabat publik dorong profesionalisme pers

Saat melakukan pengecekan langsung di Mekkah dan juga serta Madinah beberapa hari lalu, Menag Yaqut mengaku merasakan sendiri begitu panasnya cuaca di Tanah Suci. saat keluar berasal dari pemondokan atau hotel yg bakal menjadi penginapan jamaah, muka langsung terasa sangat kering Karena paparan cuaca panas.

Melihat kondisi terakhir di Saudi itu, Ia mengimbau jamaah untuk tidak memaksakan diri beraktivitas di luar ruangan saat siang hari nantinya. Jamaah mesti benar-benar dapat mengelola waktu dan juga serta tubuh dengan bagus supaya dapat menunaikan ritual puncak haji sampai tuntas.

Baca Juga :  Hasil Survei SMRC: Sama-sama Berebut Pemilih Jokowi, Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo

“Alhamdulillah hotel di Madinah lokasinya cukup dekat dengan Masjid Nabawi, sehingga ini membuat energi jamaah tidak terkuras,” terangnya.

Selain mempersiapkan fisik, Menag serta meminta jamaah mematangkan manasik haji jelang pemberangkatan ke Saudi. Terkait persiapan penyelenggaraan di Saudi, menurutnya, secara umum telah siap, seperti soal layanan akomodasi, transportasi dan juga serta katering. Menurut jadwal, jamaah kloter pertama hendak diberangkatkan pada 4 Juni mendatang.

(thm)

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video pilihan berikut ini: