Home Terbaru Jejak 4 Jenderal TNI di Pilpres, SBY Menang 2 Kali

Jejak 4 Jenderal TNI di Pilpres, SBY Menang 2 Kali

Terbaru Video viral.idnpos.com Update May 28, 2022 6:48 pm

loading…

Wiranto, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agum Gumelar, dan juga serta Prabowo Subianto. 4 jenderal ini bertarung di pilpres. Foto/Dok SINDOnews dan juga serta Okezone

JAKARTA – Sejak pemilihan presiden (pilpres) digelar secara langsung pada 2004, tercatat 4 jenderal TNI yg bertarung. berasal dari keempat jenderal tersebut, Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) sukses menang dua kali di dalam pilpres.

Pilpres secara langsung digelar sejak 2004. Sebelumnya, pemilihan presiden dan juga serta wakil presiden dilakukan dari MPR RI.

Sejak Pilpres 2004 sampai Pilpres 2019 itu pula selalu terdapat jenderal purnawirawan ikut bertarung. Sebut saja Jenderal TNI (Purn) Wiranto, Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono, Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, dan juga serta Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto.

Baca Juga :  [IDNviral]-GELOMBANG 32❗ REKOMENDASI DAN CARA BELI PELATIHAN PRAKERJA PERTAMA YANG MUDAH CEPAT DAN BONUS UANG

Berikut ini SINDOnews ulas profil singkat dan juga serta jejak empat jenderal yg bertarung di pilpres tersebut.

1. Wiranto
Jenderal TNI (Purn) Wiranto lahir di Yogyakarta, 4 April 1947. Mantan Panglima ABRI ini maju Pilpres 2004 setelah menang di dalam Konvensi Capres Partai Golkar. Golkar kemudian menduetkan Menhankam Kabinet Pembangunan VII dan juga serta Kabinet Reformasi Pembangunan tersebut dengan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah). Duet ini mendapatkan nomor urut 1.

Baca Juga :  Laksamana Yudo Pimpin Laporan Kenaikan Pangkat Pati, 8 Kolonel Ini Jabat Bintang 1

Pasangan yg mengusung slogan ‘Tenang, Aman, dan juga serta Sejahtera Bangsaku’ ini meraih 22,15 persen suara, setara dengan 26.286.788 suara. Berada di urutan ketiga setelah SBY-JK dan juga serta Megawati-Hasyim Muzadi pada putaran pertama pilpres, duet ini gagal melangkah ke putaran kedua.

Pada pilpres selanjutnya, Tahun 2009, Wiranto kembali maju. Namun, kali ini Wiranto menjadi cawapres, mendampingi M Jusuf Kalla. Duet yg diusung Golkar ini kalah dan juga serta cuma berada di urutan ketiga berasal dari tiga pasangan yg bertarung.

Baca Juga :  [IDNviral]-Pencarian Eril Sudah Mencapai 30 Km, Secara Hukum Swiss Station akan Dipastikan 1 Tahun Kemudian

Selain JK-Wiranto, dua pasangan lainnya ialah SBY-Boediono dan juga serta Megawati-Prabowo Subianto.

2. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) lahir di Pacitan, Jawa Timur, 9 September 1949. Mantan Menko Polkam ini maju bertarung di Pilpres 2004 diusung dari tiga partai yaitu Partai Demokrat, Partai Keadilan dan juga serta Persatuan Indonesia, dan juga serta Partai Bulan Bintang.

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video pilihan berikut ini: